Language:
  • iden

  • Road Safety Guideline

    Road Safety Guideline

    Mengendarai sepeda motor, memiliki resiko kecelakaan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kendaraan lain dan kecelakaan yang terjadi tidak hanya bisa menimpa pengendara saja tetapi juga orang lain, penyebabnya bisa berbagai hal mulai dari kondisi sepeda motor, kondisi lingkungan, kondisi fisik pengendara, dan yang utama kondisi mental pengendara.

    Untuk itulah kita mengenal bahkan mungkin ada yang pernah mengikuti berbagai program safety riding atau defensive riding guna meningkatkan keterampilan kita mengemudikan sepeda motor, kemudian kita juga sering melihat berbagai rambu/tanda yang memberikan informasi tentang kondisi lingkungan sekitar kita yang berkaitan dengan lalu lintas kendaraan, kita juga mengenal keharusan service rutin untuk kendaraan kita guna mempertahankan kondisi terbaik kendaraan kita, juga kita mengetahui bahwa ada undang-undang lalu lintas yang khusus mengatur masalah lalu lintas, tetapi semua itu tidak akan menjamin keselamatan keselamatan kita dijalan jika sikap dan kondisi mental kita tidak mendukung.

    Klub atau komunitas pengendara sepeda motor adalah sebuah entitas yang memiliki risiko kecelakaan yang cukup tinggi, memiliki anggota yang sebagian besar memiliki latar belakang pendidikan menengah keatas dan didukung oleh kondisi sosial ekonomi yang cukup memadai, karakter anggota suatu klub atau komunitas sepeda motor yang seperti ini tidak lagi memerlukan pemahaman tentang hal-hal diatas melalui doktrin yang kaku, tetapi melalui pendekatan mental sehingga pelaksanaan safety riding bukan lagi suatu pemaksaan tetapi telah menjadi suatu kebutuhan.

    Atas dasar-dasar diatas, maka dipandang perlu menyampaikan beberapa hal yang harus diketahui oleh pengendara sepeda motor mengenai pemahaman safety riding.

    1. HELM

    Seperti kita ketahui bahwa kepala adalah bagian paling vital dari anggota badan kita, celakanya kepala adalah bagian dari tubuh kita yang memiliki resiko tinggi menerima benturan saat terjadi kecelakaan. Menggunakan helm untuk pengemudi maupun penumpangnya. Helm yang baik ada yang secara fisik mampu memberikan perlindungan menyeluruh pada bagian kepala, seperti pada bentuk full face atau open face.

    1. SEPATU

    Banyak yang meremehkan tentang penggunaan sepatu saat kita mengendarai sepeda motor, tetapi faktanya beberapa pengendara motor yang mengalami kecelakaan seringkali mendapat cidera cukup serius di kaki. Hindarilah penggunaan sandal saat berkendara dengan sepeda motor.

    1. JAS HUJAN

    Banyak rupa jas hujan, tapi tahukah anda, bahwa jas hujan model ponco justru membawa maut bagi pemakainya? Jas hujan model ponco memiliki kemungkinan tersangkut dengan kendaraan lain, beberapa kasus tentang hal ini sudah sering terjadi.

    1. SARUNG TANGAN

    Safety gear yang satu ini seringkali dilupakan oleh pengendara motor. Sarung tangan, selain untuk membuat genggaman tangan ke grip lebih nyaman dan aman juga berfungsi untuk mengurangi pengaruh hawa dingin saat berkendara yang menyebabkan rasa kebal di tangan. Selain itu untuk menimalisir luka pada jari dan telapak tangan jika terjadi kecelakaan.

    1. KACA SPION DAN LAMPU PENERANGAN

    Dengan kaca spion dan lampu penerangan yang berfungsi baik kita akan mudah memahami kondisi lalu lintas disekitar kita sehingga memberikan waktu yang cukup untuk bereaksi.

    1. PATUHI ATURAN LALU LINTAS

    Ada hubungan yang jelas antara keselamatan mengendarai sepeda motor di jalan dengan mematuhi aturan lalu lintas. Misalnya, dengan berhenti di belakang garis putih saat lampu merah menyala, memberikan kesempatan kepada pejalan kaki untuk menyeberang, juga tidak memasuki jalur cepat yang bukan diperuntukkan bagi sepeda motor.

    1. PENGGUNAAN SIRINE, STROBO, DAN HAZARD

    Sirine, strobe, dan hazard hanya boleh digunakan oleh aparat pemerintah yang memiliki wewenang untuk menggunakannya.

    1. SOPAN DAN BERETIKA

    Jalan raya bukan hanya milik pengendara sepeda motor. Untuk itu pengendara sepeda motor mengedepankan sikap saling menghargai kepada sesama pengguna jalan.

    Subscribe to our newsletter

    FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA